Minggu, 07 Desember 2008

Asus

P4S533-X
Salah satu motherboard dari asus yang cukup terkenal. Seri motherboard ini banyak beredar di indonesia, buktinya saya sering mendapati motherboard ini dalam kondisi rusak. Ada beberapa macam kerusakan yang sering dialami oleh pengguna motherboard ini. Yang paling sering adalah kerusakan pada deteksi memory / DDR. Kerusakan ini lebih sering disebabkan oleh 2 mosfet yang ada tepat dibawah slot SDRAM. Mosfet tersebut biasanya bertuliskan kode angka 9915 atau AP9915. Coba anda lepas dengan menggunakan blower kemudian ukurlah dengan multimeter. Kasus yang kedua adalah motherboard tidak mendeteksi processor, penyakit ini disebabkan baik oleh 4 mosfet yang ada bagian regulator, atau bahkan ic regulator itu sendiri, biasanya bertuliskan RT9241. Cara perbaikannya sama seperti anda mengukur mosfet memory. Selamat mencoba.

9 komentar:

Anonim mengatakan...

bro bisa minta tolong neh ,, gw punya masalah ma mobo aku ECS-K8V salah satu slot memorinya rusak ,, dolo gw pernah pasang memori kebalik n gw paksain, trus akhirnya slot di mobo ada bekas kebakar di salah satu pin nya.nah tu gmn bro solusinya apakah bisa di ganti slot nya aja,, ada saran ga ?

Yuli Wiyono mengatakan...

slot memnya ada berapa ? kalo lebih dr 1 kan ?, pasang aja memnya di slot yang lain, gpp koq. pengalamanku agak susah klo ganti slot memory, klo abis dibenerin kadang memnya detect, kadang gak mau detect. thanks.

Anonim mengatakan...

kl kapasitor gembung brp ya harga betulinnya ? mobo pentium 3. Kl mahal mending ga dibetulin..kategori mahal lebih dari 65000...hehehe

Masih hidup sih.. Cm kl listrik dicabut harus setting lg dibios..listrikny ga nyimpen...

Yuli Wiyono mengatakan...

biayanya 40rb pak, klo settingan gak bs nyimpan abis listrik dicabut biasanya karena battery cmosnya. Udah dicoba ganti battery cmosnya pa belum ?

Anonim mengatakan...

hai Bor,
mobo gue merk BIOSTAR seri TF570SLI
AMD socker AM2, sekarang ngadat lampu indicatornya mati dua2 nya and mobo nya mati total, setelah gua cek ada satu transistor atau mosfet (gue belon pasti) panas di atas rata2, lokasinya dekat soundcard onboard.
kira2 apanya ya bro ??? pls help

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

Mobo sebenarnya rangkai elektronik yang komplek sampe sekarang ane kesulitan cari skematik mobo karena mungkin masih terkait copyright.
bagusnya servis nobo harus punya alat tester yang mampu mengukur tr, fet, capisator, r, dan komponen elektronika pasif lainya didalam rangkai sayang harganya tidak murah.
biasanya power ic regulator, cek di pchub.com atau alldatasheet.com untuk lihat jenis ic nya.

Anonim mengatakan...

Mas Yuli,minta tolong nih
Mobo ane asus P5P800-VM gak ada tampilan di layar monitor and lampu power nggak nyala (saya check gak ada tegangannya,kira-kira apanya yah..

Anonim mengatakan...

beli komponennya di mana?